Tentang Program EMAS

Expanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS) adalah program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID), yang diluncurkan pada tahun 2011. Program 5 tahun (2011-2016) ini bekerja untuk mengurangi kematian ibu dan bayi baru lahir di enam provinsi di Indonesia, yang berkontribusi terhadap 50 persen kematian ibu dan bayi baru lahir.  Yaitu, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hampir 70 persen dari semua kematian ibu dan 75 persen kematian bayi, terjadi di Jawa dan Sumatra, yang sebagian besar diakibatkan oleh penyebab yang dapat dicegah.

Demi peningkatan layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir, program EMAS bermitra dengan instansi pemerintah (nasional, provinsi dan kabupaten), organisasi kemasyarakatan, fasilitas kesehatan milik negara dan swasta, organisasi kesehatan profesional serta sektor swasta.  Program EMAS adalah jalinan kemitraan dari lima organisasi : Jhpiego (mitra pimpinan), Lembaga Kesehatan Budi Kemuliaan (LKBK), Muhammadiyah, Save the Children dan Research Triangle Institute (RTI).